Skip to main content

Mengapa Mata Kita Menangis Ketika Memotong Bawang Merah?

Bismillah...
Pernahkah kamu memotong bawang merah? Apa yang terjadi ketika kamu memotong bawang merah? Apakah mata kamu terasa pedih kemudian mengeluarkan air mata? Wah masyaallah ya kenapa bisa begitu? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Tahukah kamu bahwa peristiwa mata kita menangis ketika memotong bawang merah itu merupakan peristiwa kimia?

Ketika kita memotong bawang merah, maka bawang merah tersebut akan mengeluarkan enzim yang disebut dengan enzim Lachrymatory-factor synthase. Enzim Lachrymatory-factor synthase inilah yang selanjutnya akan mengubah senyawa asam amino sulfoksida yang terdapat di dalam bawang menjadi asam sulfenik. Senyawa sulfenik ini bersifat tidak stabil, sehingga senyawa ini berubah menjadi senyawa syn-ropanethial-s-oxide yang bersifat stabil. Ketika senyawa syn-ropanethial-s-oxide ini terlepas ke udara dan terjadi kontak dengan mata, maka kelenjar air mata lachrymal kita akan terangsang untuk mengeluarkan air mata. Oleh karena itulah, mata kita menangis. 

Sumber Gambar: Pixabay

Masyaallah! Allah SWT telah menciptakan mata manusia dengan mekanisme sedemikian rupa, sehingga mata kita dapat menangis mengeluarkan air mata yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Apakah kamu tahu manfaat air mata bagi kesehatan mata kita?

Air mata yang keluar dari mata kita bermanfaat untuk membersihkan mata kita dari debu, kotoran, asap, maupun benda asing lainnya yang masuk ke dalam mata. Air mata juga bermanfaat untk melindungi mata kita dari infeksi bakteri. Air mata mengandung lysozyme yang dapat membunuh 90-95% bakteri hanya dalam beberapa menit. Masyaallah! Selain itu, air mata juga bermanfaat untuk mengurangi stress. Menangis dapat membantu membersihkan tubuh dari zat kimia yang berhubungan dengan stress. Zat kimia tersebut adalah adenokortikotropin (ACTH). Inilah mengapa, ketika kita menangis, kita akan merasa jauh lebih baik. Disamping itu, air mata juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban hidung. Ketika kita menangis, air mata yang tertampung di dalam mata juga akan mengalir masuk ke dalam saluran nasolakrimalis. Nasolakrimalis adalah saluran yang menghubungkan kelenjar air mata dengan hidung. Ketika air mata tersebut masuk ke dalam saluran tersebut, maka ia akan menjaga hidung agar tetap lembab dan bebas dari bakteri. 

                                  Baca Juga: Mengapa Adonan Roti Dapat Mengembang?

Nah, demikian penjelasan singkat tentang mengapa mata kita menangis ketika memotong bawang merah. Semoga dengan mengetahui informasi tersebut, semakin dapat menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT terhadap berbagai karunia dan nikmat yang telah Allah berikan, bahkan terhadap nikmat yang seringkali tidak terasa oleh kita seperti nikmat air mata tersebut. Alhamdulillah.  

Demikian. Nantikan info-info menarik selanjutnya ya! 

Salam, 
Yog Sinau Kimia!


Referensi:
https://www.alodokter.com/tidak-disangka-ada-manfaat-menangis-untuk-kesehatan
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/4-fakta-seputar-air-mata/#gref




Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana Adonan Roti Dapat Mengembang?

Bismillah... Pernahkah kamu berpikir, mengapa adonan roti dapat mengembang? Apakah di dalamnya terdapat udara? Darimana asal udara itu? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini! Sumber Gambar: Pixabay Roti merupakan makanan alternatif pengganti nasi yang umumnya terbuat  dari tepung terigu, air, ragi, garam, gula, lemak, susu bubuk dan pengemulsi. Ada banyak faktor penentu kualitas roti, salah satunya adalah proses fermentasi. Proses fermentasi terjadi karena adanya penambahan ragi atau yeast pada adonan roti. Ragi atau yeast merupakan mikroorganisme yang berperan dalam pengembangan adonan roti, seperti  Saccharomyces cereviciae . Yeast ditambahkan dalam adonan tepung terigu yang telah ditambah dengan air, kemudian diaduk hingga merata. Baca Juga: Mengapa Mata Kita Menangis Ketika Memotong Bawang Merah Pada proses pencampuran tersebut, udara masuk ke dalam adonan. Udara tersebut digunakan yeast untuk tumbuh. Hal ini akan mengakibatkan kondisi anaerob dan terjadi proses fermentasi.

Animasi Kimia

Bismillah... Apakah kamu mengalami kesulitan untuk memahami konsep kimia? Materi kimia seringkali dianggap sulit oleh kebanyakan siswa karena sebagian besar konsep kimia bersifat abstrak. Oleh karenanya, dalam memahami konsep tersebut, perlu bantuan media pembelajaran atau animasi kimia yang dapat memvisualisasikan konsep kimia agar lebih mudah dipahami.  Sumber Gambar: Canva Berikut ini adalah link animasi-animasi kimia yang sudah kami kumpulkan. Semoga dapat membantu sahabat Yog Sinau Kimia dalam mempelajari materi kimia. Selamat belajar! Atomic Interaction Build an Atom Isotopes and Atomic Mass Rutherford Scattering Molecule Shapes Basics Molecul Shapes Molecul Polarity Balancing Chemical Equations Concentration Molarity Acid Base Solutions pH Scale Basics pH Scale Reactants, Products, and Leftovers Salam Yog Sinau Kimia!